Bupati Samosir Dampingi Menparekraf Kunker ke Desa Wisata Hariara Pohan

Menparekraf bersama Bupati Samosir Vandiko T Gultom meninjau Desa Wisata Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kamis (20/7/2023.

topmetro.news – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno kembali berkunjung ke Kabupaten Samosir. Kali ini, Menparekraf bersama Bupati Samosir Vandiko T Gultom meninjau Desa Wisata Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kamis (20/7/2023.

Kunjungan Menparekraf dalam rangka penilaian terhadap Desa Wisata yang masuk nominasi 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Salah satu dari 75 Desa Wisata yang sudah ditetapkan adalah Desa Wisata Hariara Pohan, Kabupaten Samosir.

Sebelum ke Desa Wisata Hariara Pohan, Menteri Parekraf bersama rombongan disambut langsung Bupati Samosir di Sopo Bolon Pangururan. Kemudian membuka Workshop Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa) Kabupaten Samosir. Pada Workshop KaTa ini, hadir pelaku ekonomi kreatif yang bergerak di bidang UMKM dan pelaku seni.

Menteri Parekraf memuji kreasi dan sajian Jus ‘Anggir’ (Jeruk Purut). Menurutnya hal ini merupakan suatu kreatifitas yang perlu dikembangkan. “Enak banget, superenak. Perlu didukung untuk naik kelas bertaraf internasional, sehingga bisa ditampilkan atau disajikan di destinasi superprioritas,” ungkapnya.

Ke depan, Sandiaga Uno menekankan seluruh stakeholder untuk berkolaborasi dengan prinsip 3G. Yaitu, Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (garap semua potensi lapangan kerja).

Daya Tarik

Di Desa Wisata Hariara Pohan, Menparekraf bersama Bupati Samosir menyaksikan berbagai aktifitas masyarakat di Huta Simarmata yang menjadi daya tarik wisatawan. Di antaranya kegiatan ‘mangaletek’ (menganyam tikar), tradisi ‘manduda’ proses pembuatan makanan khas Batak ‘naihintang ni andalu’.

Daya tarik lainnya terdapat sebuah kuburan batu (sarkofagus) di Huta Simarmata.

Desa Wisata Hariara Pohan memiliki 2 objek wisata yang sudah viral dan ramai dengan kunjungan wisatawan. Yaitu Huta Simarmata dan Bukit Holbung. Kedua objek ini dikunjungi langsung Menparekraf.

Menparekraf Sandiago Salahuddin Uno mengaku senang berkunjung ke Kabupaten Samosir dan menikmati panorama keindahan alam. “Setiap kali saya ke Samosir, saya merasakan seperti pulang ke rumah sendiri,” ucap Sandiaga.

Sebagai Daerah Superprioritas, Sandiaga Uno mengatakan akan memberikan dukungan, totalitas memberdayakan masyarakat menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja. Sehingga pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir dapat menyediakan produk berkualitas dan berkelanjutan. Serta dapat dinikmati para wisatawan.

Komitmen

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyampaikan bahwa Pemkab Samosir tetap berkomitmen membantu dan mendampingi UMKM dalam bentuk pelatihan, pemasaran. Pemkab Samosir telah membuat transformasi digital berupa aplikasi e-Onan (dalam tahap penyempurnaan). Sehingga pemasaran seluruh produk UMKM dapat berlangsung secara digital. Mendukung dan mendorong UMKM untuk dapat masuk dalam e-Katalog.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M Sinaga, BPODT, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumri Sulthony, Kadis Pariwisata Samosir Tetty Naibaho, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Wakapolres Samosir ST Panggabean, Kejari Samosir Andi Adikawira Putera, Danramil Pangururan Sugino, Ketua PKK Samosir Harta M Sitanggang.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment